RENCANA TINDAK LANJUT HASIL EVALUASI DIRI RA AL FALAH
RENCANA
TINDAK LANJUT HASIL EVALUASI DIRI RA AL FALAH
STANDAR
ISI
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø Kurikulum RA Al Falah kami berusaha mengikuti Standar Isi,
standar kompetensi, dan panduan KTSP. Ø Struktur kurikulum RA Al Falah
kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru
sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan belum
pernah dilaksanakan. Ø Sebagian besar (sekitar 70%)
peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada
pelajaran yang diajarkan Ø
RA Al Falah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami
masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam
perencanaan kami |
v Menyusun
Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP v Menyusun
jadwal program remidiasi dan pengayaan v Meningkatkan
motivasi belajar siswa. v Meninjau
ulang mata pelajaran Muatan Lokal |
¨ RA
Al Falah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP ¨ Tersusunnya
jadwal program remidiasi dan pengayaan ¨ Motivasi
belajar siswa meningkat ¨ Tersedianya
mata pelajaran muatan local yang sesuai dengan kebutuhan siswa |
STANDAR
PROSES
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG DICAPAI |
2 |
Ø Silabus RA Al Falah kami berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP.
Kami belum sepenuhnya
mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam
penyusunan silabus. Ø RA Al Falah kami tidak
mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program
pembelajaran Ø
Guru-guru di RA Al Falah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk
mata pelajaran tertentu saja Ø
Guru-guru di RA Al Falah kami
merencanakan pembelajaran
berdasarkan pada isi buku pelajaran saja Ø
Kepala RA Al Falah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang
dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan Ø Guru-guru di RA Al Falah kami tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar. |
v Workshop
menyusun silabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL dan panduan KTSP v Workshop
menyusun program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta
didik. v Melakukan
monitoring penyusunan rencana pembelajaran setiap minggu v Workshop
penyusunan RPP v Supervisi
pembelajaran v Menyusun
program tindak lanjut supervisi. |
¨ Tersusunnya
syllabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. ¨ Tersusunnya
program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik ¨ Tersusunnya
RPP semua mata pelajaran secara lengkap ¨ Tersusunnya
RPP dengan metode pembelajaran CTL ¨ Selalu
dilakukan pengkajian ulang penyusunan RPP ¨ Semua
guru mengkaji ulang RPP setelah mengajar. |
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø
Hasil belajar peserta
didik masih rendah disebabkan oleh
pemakaian program belajar yang kurang
beragam. Ø Peserta didik kurang memiliki
motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar
|
v Pelatihan
penggunaan program belajar yang beragam v Penggunaan
berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa. |
¨ Guru
menggunakan program belajar yang beragam ¨ Guru
menggunakan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar
siswa |
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya
sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang
keahlian tertentu Ø Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di RA Al
Falah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan Ø Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan
ketentuan standar pelayanan minimal (SPM) Ø
RA Al Falah kami menyelenggarakan proses pembelajaran
selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar
Pelayanan Minimal (SPM) |
v Pengiriman
guru dalam kegiatan MGMP. v Memberi
kesmpatan kepada guru untuk melanjutkan studi |
¨ Guru
meningkat kompetensinya ¨ 100%
memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan |
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø
Bangunan RA Al Falah kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau
jumlah ruangan Ø
RA Al
Falah masih kekurangan 1 ruang kelas Ø RA Al Falah kami belum memiliki semua sarana dan
alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar |
v Mencari
bantuan pembangunan ruang pendukung belajar v Mencari
bantuan pembangunan ruang belajar v Melakukan
pembelian sarana dan prasarana belajar. |
¨ RA
Al Falah memiliki ruang pendukung yang memenuhi standar ¨ RA
Al Falah memiliki ruang kelas yang standar ¨ RA
Al Falah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap |
STANDAR
PENGELOLAAN
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø
Rencana kerja RA Al Falah kami tidak terarah pada peningkatan mutu
pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Ø
Rencana pengembangan RA Al Falah kami tidak didukung dengan informasi
yang didapat dari hasil evaluasi diri RA Al Falah. Ø Sejumlah staf di RA Al Falah kami
tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja
di RA Al Falah kami.
|
v Workshop
menyusun RKS |
¨ Tersusunnya
RKS yang sesuai petunjuk BSNP |
STANDAR
PENILAIAN PENDIDIK
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø Setiap guru di RA Al Falah
kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu
meningkatkan kemampuan belajar peserta didik. Ø Guru-guru di RA Al Falah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya
menggunakan tes dan ujian Ø Guru-guru di RA Al Falah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan
peserta didik |
v Menyusun
Program Penilaian Proses, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan
akhir semester v Menyusun
jadwal program penilaian |
¨ Dikembangkan
dan diterapkannya program penilaian yang sesuai standar ¨ Tersusunnya
jadwal program penilaian |
STANDAR
PEMBIAYAAN
TINGKATAN EDRA |
MASALAH
MENDESAK |
RENCANA
TINDAKAN |
HASIL YANG
DICAPAI |
2 |
Ø Perumusan rancangan anggaran biaya
pendapatan dan belanja RA Al Falah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah. Ø
RA Al Falah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan
penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih
perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan. |
v Menyusun
RKAS merujuk pada peraturan pemerintah v Pembuatan
laporan pertanggung jawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan
transparan |
¨ Tersusunnya
RKAS merujuk pada peraturan pemerintah ¨ Tersusunnya
laporan pertanggungjawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan
transparan |
Panumbangan, 19 Juli 2022
Kepala RA Al
Falah
Aam Samroh, S.Pd.I.
NPK. 4832760174093
Komentar
Posting Komentar