RENCANA TINDAK LANJUT HASIL EVALUASI DIRI RA AL FALAH

 

RENCANA TINDAK LANJUT HASIL EVALUASI DIRI RA AL FALAH

STANDAR ISI

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Kurikulum RA Al Falah  kami berusaha mengikuti Standar Isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.

 

Ø Struktur kurikulum RA Al Falah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.

 

Ø Sebagian besar (sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan

 

Ø RA Al Falah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami

v  Menyusun Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

v  Menyusun jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

v  Meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

 

v  Meninjau ulang mata pelajaran Muatan Lokal

 

 

¨      RA Al Falah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

¨      Motivasi belajar siswa meningkat

 

 

 

¨      Tersedianya mata pelajaran muatan local yang sesuai dengan kebutuhan siswa

 

STANDAR PROSES

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø  Silabus RA Al Falah kami  berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP. Kami belum sepenuhnya mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus.

Ø  RA Al Falah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran

 

Ø  Guru-guru di RA Al Falah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja

Ø  Guru-guru di RA Al Falah kami  merencanakan pembelajaran  berdasarkan pada isi buku pelajaran saja

Ø  Kepala RA Al Falah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan

Ø  Guru-guru di RA Al Falah kami  tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

v  Workshop menyusun silabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL dan panduan KTSP

 

 

v  Workshop menyusun program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik.

v  Melakukan monitoring penyusunan rencana pembelajaran setiap minggu

 

v  Workshop penyusunan RPP

 

 

v  Supervisi pembelajaran

 

 

v  Menyusun program tindak lanjut supervisi.

¨      Tersusunnya syllabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

 

 

 

¨      Tersusunnya program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik

 

¨      Tersusunnya RPP semua mata pelajaran secara lengkap

 

¨      Tersusunnya RPP dengan metode pembelajaran CTL

 

¨      Selalu dilakukan pengkajian ulang penyusunan RPP

 

¨      Semua guru mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Hasil belajar peserta didik  masih rendah disebabkan oleh pemakaian  program belajar yang kurang beragam.

 

Ø Peserta didik kurang memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar

 

v  Pelatihan penggunaan program belajar yang beragam

 

 

v  Penggunaan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa.

 

 

¨      Guru menggunakan program belajar yang beragam

 

 

¨      Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang keahlian tertentu

 

Ø Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di RA Al Falah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan

 

Ø Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal (SPM)

 

Ø  RA Al Falah kami menyelenggarakan proses pembelajaran selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

 

v  Pengiriman guru dalam kegiatan MGMP.

 

 

 

v  Memberi kesmpatan kepada guru untuk melanjutkan studi

 

 

¨      Guru meningkat kompetensinya

 

 

 

 

¨      100% memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR SARANA DAN PRASARANA

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Bangunan RA Al Falah kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau jumlah ruangan

 

Ø RA Al Falah masih kekurangan 1 ruang kelas

 

 

Ø RA Al Falah kami belum memiliki semua  sarana dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar

v  Mencari bantuan pembangunan ruang pendukung belajar

 

v  Mencari bantuan pembangunan ruang belajar

 

v  Melakukan pembelian sarana dan prasarana belajar.

 

 

¨      RA Al Falah memiliki ruang pendukung yang memenuhi standar

 

¨      RA Al Falah memiliki ruang kelas yang standar

 

 

¨      RA Al Falah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap

 

 


STANDAR PENGELOLAAN

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Rencana kerja RA Al Falah kami tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

 

Ø Rencana pengembangan RA Al Falah kami tidak didukung dengan informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri RA Al Falah.

 

Ø Sejumlah staf di RA Al Falah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja di RA Al Falah kami.

 

v  Workshop menyusun RKS

 

 

¨      Tersusunnya RKS yang sesuai petunjuk BSNP

 

 

 


STANDAR PENILAIAN PENDIDIK

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Setiap guru di RA Al Falah kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

 

Ø Guru-guru di RA Al Falah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya menggunakan tes dan ujian

 

Ø Guru-guru di RA Al Falah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik

v  Menyusun Program Penilaian Proses, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan akhir semester

 

v  Menyusun jadwal program penilaian  

 

 

 

 

 

¨      Dikembangkan dan diterapkannya program penilaian yang sesuai standar

 

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program penilaian

 

 

 

 

 

 


STANDAR PEMBIAYAAN

 

TINGKATAN EDRA

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja RA Al Falah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah.

Ø RA Al Falah membuat laporan  pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

 

v  Menyusun RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

 

v  Pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

¨      Tersusunnya RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

¨      Tersusunnya laporan pertanggungjawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

 

 

Panumbangan, 19 Juli 2022

Kepala RA Al Falah

 

 

 

 

Aam Samroh, S.Pd.I.

NPK. 4832760174093

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KERJA KEPALA RAUDHATUL ATHFAL RA AL FALAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LAPORAN KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) RA AL FALAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023