PROGAM UNGGULAN RA AL FALAH KEC.PANUMBAGAN KABUPATEN CIAMIS
Alamat ; Dusun Cidoyang RT 04 RW 01 Desa Sukakerta Kecamatan Panumbangan Email : raalfalahsukakerta2009@gmail.com
A.
LATAR
BELAKANG
Pendidikan merupakan sesuatu yang vital
dan fundamen bagi kehidupan. Pembentukan pribadi dan perkembangan peradaban
manusia sangat ditentukan oleh perkembangan ilmu pengetahuan. Maka tidak salah
jika Islam memulai peradabannya dengan perintah membaca. Pendidikan pada
hakekatnya merupakan proses individuasi anak didik hingga ia mampu berperan
dalam masyarakat. Perkembangan yang terjadi menyebabkan dibutuhkannya lembaga
pendidikan yang menyediakan jasa pengembangan anak didik hingga kelak mempunyai
peran dalam masyarakat.
Ada dua peran yang harus dijalankan
lembaga pendidikan sekaligus. Pertama, sebagai “lembaga suci”
yang bertugas memberikan pencerahan pada anak didik. Dan kedua, sebagai
lembaga ekonomi yang memberikan pelayanan jasa kepada pengguna jasa. Kedua
peran itu harus dijalankan seiring sejalan karena keduanya tidak dapat
dipisahkan. Masyarakat, sebagai konsumen, akan memberikan kepercayaan kepada
lembaga pendidikan yang menyediakan jasa pendidikan yang memuaskan. Kepuasan
ini, tentu saja, ada pada perkembangan anak didik.
Globalisasi telah meniscayakan perubahan
yang kompleks, termasuk di dunia pendidikan. Kompetisi, rasionalisme,
profesionalisme serta disiplin adalah efek globalisasi yang tak dapat
diabaikan. Masyarakat yang semakin rasional akan mempunyai banyak pilihan
menentukan kepercayaannya kepada lembaga Raudlatul Athfal tertentu yang menawarkan jasa yang bermutu.
Begitu banyaknya kompetisi di dunia pendidikan, sehingga mau tidak mau, harus
ada perubahan-perubahan yang terus menerus agar sebuah lembaga pendidikan tidak
mati tergerus zaman.
Yayasan Al Falah
Sukakerta sebagai
sebuah yayasan pendidikan telah cukup lama berdiri dan menunjukkan
eksistensinya di dunia pendidikan. Meskipun demikian, kepercayaan pada lembaga
pendidikan yang sudah tua bisa saja berubah, jika tidak ada perubahan-perubahan
yang cukup mampu meyakinkan konsumen bahwa lembaga pendidikan ini menawarkan
apa yang dibutuhkan zaman. Karenanya “Bertahan dari zaman dengan melakukan perubahan
lebih baik daripada bertahan dengan apa yang ada dan tergerus zaman.”
B. TUJUAN
Tujuan
program pengembangan Mutu Raudlatul Athfal adalah:
1)
Meningkatnya manajemen dan mutu pendidikan
2)
Meningkatnya kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
3)
Meningkatnya infrastruktur kependidikan di RA Al Falah
4)
Adanya sistem pendidikan yang tersistematis dan berkesinambungan
5)
Meningkatnya kepedulian orang tua terhadap anak didik
6)
Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pendidikan
7)
Meningkatnya moral anak didik dengan perilaku santun
8)
Meningkatnya prestasi siswa secara akademik
9)
Meningkatnya ketrampilan/ skill anak didik
10)
Terbentuknya kemampuan kepemimpinan pada anak didik
C. SASARAN
Sasaran program
kerja ini adalah seluruh stake holder pendidikan, termasuk masyarakat dan wali
siswa
D.
PROGRAM UNGGULAN
Program Raudlatul Athfal Unggul dan Berkarakter
I. Dasar RA Al
Falah menuju Raudlatul
Athfal Unggul dan Berkarakter
1. Undang-Undang No.20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
2. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional No. 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional No. 20 tahun 2010 tentang norma, standar, prosedur dan kriteria di
bidang pendidikan
4. Rencana Strategis Kementerian
Agama tahun 2020/2024 yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan daya saing
bangsa, perlu dikembangkan Raudlatul Athfal bertaraf internasional pada tingkat
Kabupaten/Kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dengan
pemerintah Kabupaten/Kota yang bersangkutan
5. Rencana Strategis Ditjen
Pendidikan Islam, Kementerian Agama tahun 2020/2024
6. Surat Edaran Direktorat
Jenderal Pendidikan Islam tentang Pelaksanaan Standar Isi di Raudlatul Athfal
II. Tujuan Raudlatul Athfal Unggul Berkarakter
A. Raudlatul Athfal unggul adalah :
1. Menciptakan siswa yang unggul
bidang akademik
2. Meningkatnya hasil kelulusan
siswa baik kuantitas dan kualitas
3. Terciptanya lingkungan
berbahasa Arab dan Inggris
4. Meningkatnya prestasi
ekstrakurikuler siswa (Kota, Provinsi dan Nasional)
B. Raudlatul Athfal berkarakter adalah :
1. Menumbuhkan prilaku Islami
secara nyata dalam kehidupan
2. Menghasilkan peserta didik
yang beriman dan bertaqwa
3. Menghasilkan peserta didik
yang menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai Agama
4. Terbentuknya karakter siswa
yang peduli lingkungan
5. Menghasilkan lingkungan Raudlatul
Athfal yang bersih dan asri
6. Terwujudnya Raudlatul Athfal ADIWIYATA
7. Menghasilkan budaya disiplin
dan budaya kerja yang berkualitas dan kompetitif
III. Program Dan Strategis
Untuk Meweujudkan Raudlatul Athfal Unggul Berkarakter
A. Program Raudlatul Athfal Unggul Berkarakter
1. Kelulusan dan Prestasi
1. Kuantitas kelulusan 100%
2. Meningkatnya jumlah lulusan RA
diterima di Raudlatul Athfal /Sekolah unggulan
3. Pengembangan lomba-lomba
akademik dan non akademik
4. Pengembangan bahasa Arab dan
bahasa Inggris
2. Pengembangan Standar
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan dan peningkatan
kualifikasi dan komponen Guru Profesional
2. Pengembangan/peningkatan
kompetensi tenaga TU
3. Pengembangan tenaga pendukung
(perpustakawan, TIK)
3. Pengembangan Standar Isi
(Kurikulum)
1. Pengembangan silabus
2. Pengembangan RPPM dan program perbaikan dan
pengayaan
3. Pengembangan RPPH karakter (islami dan
lingkungan)
4. Pengembangan Standar Proses
Pembelajaran
1. Pengembangan dan
inovasi-inovasi metode pembelajaran
2. Pengembangan dan
inovasi-inovasi bahan pembelajaran
3. Pengembangan dan
inovasi-inovasi sumber pembelajaran
5. Pengembangan Standar Prasarana
dan Sarana Pendidikan
1. Peningkatan dan pengembangan
inovasi-inovasi media pembelajaran
2. Pengembangan sarana dan
prasarana pendidikan
3. Penciptaan lingkungan yang
asri dan bersih sebagai pusat pembelajaran
4. Pengembangan jaringan
informasi akademik
6. Pengembangan Standar
Pengelolaan Pendidikan
1. Pengembangan/penyusunan
Rencana Pengembangan Raudlatul Athfal (RPRA)
2. Pengembangan dan melengkapi
administrasi Raudlatul Athfal
3. Pengembangan implementasi MBS
dengan mengfungsikan peran Komite
7. Pengembangan Standar
Pembiayaan Pendidikan
1. Penggalangan dana dari
berbagai sumber yang sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku
2. Penciptaan usaha-usaha di Raudlatul
Athfal sebagai income generating
aktivities
3. Pengembangan jaringan
kerjasama vertikal dan horizontal dengan stekholders
8. Pengembangan Standar
Penilaian
1. Pengembangan perangkat model
penilaian pembelajaran
2. Pengembangan instrumen atau
perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi
3. Pengembangan lomba-lomba atau
uji coba dan peningkatan standar nilai
E.
Strategis Untuk Mewujudkan Raudlatul Athfal Unggul Berkarakter
NO |
PROGRAM STRATEGI |
STRATEGI PELAKSANAAN |
1. |
Pengembangan Standar Kelulusan |
|
Peningkatan
Standar Kelulusan |
1. Sosialisasi 2. KKG Raudlatul Athfal 3. Melaksanakan penetapan SKL dan pemetaan 4. Inovasi kegiatan pembelajaran 5. Pengiriman guru untuk mengikuti pelatiha 6. Dokumentasi hasil |
|
Pengembangan
lomba-lomba akademik |
1.
Menyusun jadwal kegiatan |
|
Pengembangan
lomba-lomba non akademik |
1.
Menyusun jadwal kegiatan |
|
Pengembangan
bahasa Arab dan Inggris seluruh komponen |
1.
Sosialisasi program |
|
2. |
Pengembangan Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
|
Pengembangan
/ peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru profesional |
1.
Menyusun perencanaan pendataan guru yang belum memenuhi kualifikasi SNP |
|
Pengembangan/peningkatan
kompetensi tenaga TU |
1.
Pengiriman pelatihan, seminar, workshop |
|
Pengembangan
tenaga pendukung (Laboran, pustakawan, TIK) |
1.
Pengiriman pelatihan, seminar, workshopMagang dengan instansi terkait |
|
3, |
Pengembangan standar isi ( kurikulum ) |
|
Pengembangan
silabus |
1.
Pembentukan coordinator bidang study |
|
Pengembangan
RPP dan program perbaikan dan pengayaan |
1.
Workshop |
|
Pengembangan
RPP karakter (Islami dan lingkungan) |
1.
Pelatihan RPP berkarakter |
|
Pengembangan
dan inovasi dengan karakter (islami dan lingkungan) |
1.
Pelatihan |
|
4. |
Pengembangan Standar Proses Pembelajaran |
|
Pengembangan
dan inovasi-inovasi metode pembelajaran |
1.
Workshop |
|
Pengembangan
dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran |
1.
Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam SK dan KD |
|
Pengembangan
dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran |
1.
Peningkatan kemampuan menggunakan dan mengelola laboratorium dalam
pembelajaran |
|
5. |
Pengembangan Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan |
|
Peningkatan
dan pengembangan inovasi-inovasi media pembelajaran |
1.
Melaksanakan peningkatan pengembangan media pembelajaran melalui kegiatan KKG |
|
Pengembangan
sarana dan prasarana pendidikan |
1.
Permohonan pengadaan ke instansi terkait |
|
Penciptaan
lingkungan yang asri dan bersih sebagai pusat pembelajaran & Pengembangan
jaringan informasi akademik |
1.
Melaksanakan rehabilitasi tanaman Raudlatul Athfal |
|
6. |
Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan |
|
Pengembangan/penyusunan
Rencana Pengembangan Raudlatul Athfal (RPS) |
1.
Pembentukan team work yang kompetenPembagian tugas sesuai dengan kemampuan |
|
Pengembangan
dan melengkapi adminsitrasi Raudlatul Athfal |
1.
Pendatan administrasi kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, humas dan ketatausahaan |
|
Pengembangan
implementasi MBS dengan memfungsikan peran komite |
1.
Melibatkan guru, karyawan dan Komite Raudlatul Athfal dalam pembuatan RPS |
|
7. |
Pengembangan Standar Pembiayaan Pendidikan |
|
Penggalangan
dana dari berbagai sumber |
1.
Sosialisasi dengan orang tua murid, alumni dan pengusaha |
|
Penciptaan
usaha-usaha di Raudlatul Athfal sebagai income generating aktivities |
||
Pengembangan
jaringan kerjasama vertikal dan horisontal dengan stekholders |
1. Membuat
perencanaan pendayagunaan potensi Raudlatul Athfal , lingkungan dan jalinan
kerjasama dengan orang tua murid |
|
8. |
Pengembangan Standar Penilaian |
|
Pengembangan
perangkat model penilaian pembelajaran |
1.
Workshop |
|
Implementasi
model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester, uji coba |
1.
Perencanaan kisi-kisi ulangan harian |
|
Pengembangan
instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi |
1.
Pengadaan buku-buku pedoman evaluasi |
|
Pengembangan
lomba-lomba atau uji coba dan peningkatan standar nilai |
Panumbangan 19 Juli 2022
Kepala RA Al Falah
Aam Samroh, S.Pd.I
NPK. 4832760174093
Komentar
Posting Komentar